cover
Contact Name
Attadib
Contact Email
attadib@uika-bogor.ac.id
Phone
+628989489121
Journal Mail Official
attadib@uika-bogor.ac.id
Editorial Address
FAI Building, 1st Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah, Universitas Ibn Khaldun Bogor. K.H Sholeh Iskandar Street of Kedung Badak, Bogor City, West Java, Indonesia 16162 Phone/Fax. 0251-849529, Email: attadib@uika-bogor.ac.id
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Attadib: Journal of Elementary Education
ISSN : 26141760     EISSN : 26141752     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Attadib: Journal of Elementary Education is a peer-reviewed journal to discuss about new findings in basic education especially at primary/elementary schools. This journal is publishing original research articles and case studies focused on basic education. All papers are peer-reviewed by at least two reviewers.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2022): Attadib: Journal of Elementary Education" : 15 Documents clear
PENGARUH STRATEGI PROBLEM BASE TERHADAP PEMAHAMAN PERILAKU BAIK PADA ANAK PRA REMAJA DI WILAYAH PROSTITUSI TANGERANG SELATAN Mas Roro Diah Wahyu Lestari; Sri Imawati; Siti Jamilah; Dwi Wulandari
Attadib: Journal of Elementary Education Vol 6, No 1 (2022): Attadib: Journal of Elementary Education
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32507/attadib.v6i1.1318

Abstract

Permasalahan yang terjadi  adalah  adanya sejumlah anak yang tinggal di daerah prostitusi di Tangerang Selatan  memilki perilaku buruk akibat dampak kegiatan prostitusi di wilayah tersebut. Tujuan penelitian  adalah untuk mengetahui pengaruh stretegi pembelajaran berbasis masalah terhadap pemahaman perilaku baik anak pra sekolah di wilayah prostitusi Tangerang Selatan. Penelitian dilakukan di Kampung Buaran Tangerang selatan dengan jumlah 25 sampel acak baik lelaki dan perempuan. Penelitian dilakukan bulan April tahun 2022 selama 1 minggu. Desain penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan menggunakan analisis data t tes.  Intrumen tes sudah tervalidasi ahli dan layak digunakan untuk pengambilan sampel. Uji prasyarat menunjukan  bahwa bersifat normal dan homogen. Hasil hipoteis menunjukan  bahwa perbandingan t tes terdapat nilai signifikansi (sig. 2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai signifikans tabel 0,05 maka ada perbedaan antara nilai pre tes sebelum perlakukan dan hasil  nilai pos tes setelah dilakukan  perlakuan penggunaan strategi  pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan memahami perilaku baik pada anak pra remaja yang terjadi di sekitar wilayah prostitusi di Tangerang Selatan. Hasil yang didapat pada penelitian ini adalah Strategi pembelajaran berbasis masalah telah menunjukan adanya pengaruh  secara sifgnifikans terhadap pemahaman anak terhadap perilaku baik di sekitar lingkungan prostitusi Tangerang Selatan.
ANALISIS SELF-LOVE DALAM KUMPULAN CERITA ANAK MAJALAH BOBO Annisa Srimaryanti; Seni Apriliya; Resa Respati
Attadib: Journal of Elementary Education Vol 6, No 1 (2022): Attadib: Journal of Elementary Education
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32507/attadib.v6i1.1347

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek self-love dalam cerita anak majalah bobo. Hal ini dilakukan karena ditemukan kurangnya aspek self-love yang tertanam dalam diri anak. Penelitian ini penting dilakukan karena banyak sekali peran self-love sehingga harus ditanamkan pada diri anak. Penelitian ini menggunakan desain penelitan dengan metode analisis konten dan pendekatan kualitatif deskriptif. Self-love merupakan istilah yang digunanak dalam mencintai diri. Self-love memiliki 4 aspek diantaranya self-awareness, self-worth, self-esteem, dan self-care. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa cerita anak dalam majalah bobo sudah mengklasifikasikan aspek self-love. Self-awareness digambarkan melalui tokoh yang memiliki sikap mampu membedakan dirinya dari lingkungan fisik dan sosialnya, sadar akan tugas dan tanggung jawabnya, dan membangun sikap yang berhubungan dengan diri. Self-worth digambarkan melalui tokoh yang sadar bahwa dirinya berharga. Self-esteem ditunjukkan melalui sikap tokoh untuk menilai dan menghormati dirinya dengan baik. Self-care ditunjukkan melalui sikap tokoh dengan menjaga kesehatan jiwa dan raganya melalui hal yang membuatnya senang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa cerita anak dalam majalah bobo sudah memasukkan aspek self-love baik secara tersirat maupun secara tersurat.
PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN KOMIK MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 010 TALONTAM BENAI Astri Yulanda; Gustimal Witri; Zetra Hainul Putra
Attadib: Journal of Elementary Education Vol 6, No 1 (2022): Attadib: Journal of Elementary Education
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32507/attadib.v6i1.1247

Abstract

Masalah penelitian ini yaitu adalah pengaruh pembelajaran menggunakan komik matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 010 Talontam Benai. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan tes, serta teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 13 siswa. Desaian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group pre-test dan post-test desain (Satu kelompok pretest-postest). Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa diperoleh nilat rata-rata  hasil belajar posttest 82,69 sedangkan hasil belajar pretest 53,08. Dari hasil uji t hasil belajar pretest dan posttest diketahui diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 4,670 > 2,160, maka dinyatakan Ha diterima.
Elektronik-Lembar Kerja Peserta Didik berbasis ESD di Sekolah Dasar Nesya Nurul Fauziah; Ghullam Hamdu
Attadib: Journal of Elementary Education Vol 6, No 1 (2022): Attadib: Journal of Elementary Education
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32507/attadib.v6i1.1152

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan LKPD berbasis elektronik yang tentunya akan membuat pembelajaran semakin menarik dan dapat digunakan kapan saja dan dimana saja sehingga peserta didik dapat mandiri dan pembelajaran tidak berfokus kepada guru. Dengan mengimplementasikan nilai-nilai ESD ke dalam E-LKPD yang dibuat, maka diharapkan terciptanya pembelajaran yang berkualitas sehingga dapat menggali kemampuan literasi dan numerasi peserta didik, peserta didik memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan, kesadaran akan sosial, budaya bahkan ekonomi. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data diskusi kelompok (FGD). Penggunaan FGD dalam penelitian ini sebagai alat pengumpulan data pra-research dengan tujuan untuk memperoleh data serta produk awal E-LKPD berbasis ESD yang layak digunakan.
HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH Chodidjah Makarim; Saniatul Hajiah Siregar; Ahmad Mulyadi Kosim Ahmad Ahmad Mulyadi Kosim
Attadib: Journal of Elementary Education Vol 6, No 1 (2022): Attadib: Journal of Elementary Education
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32507/attadib.v6i1.1066

Abstract

Tujuan penelitian yaitu ingin mengetahui hubungan komunikasi interpersonal keluarga terhadap prestasi belajar siswa di sekolah, ingin mencari tahu kebiasaan belajar siswa di sekolah, kebiasaan belajar siswa di rumah, komunikasi interpersonal siswa dan hubungan antara komunikasi interpersonal keluarga dengan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V SDIP Daarul Jannah Cibinong Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan yaitu metode korelasional. Sampel yang diambil ialah pelajar dari kelas  V sebanyak 50 orang. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu kuesioner dengan alternatif jawaban skala Likert 1 sampai 5.Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kebiasaan belajar siswa di sekolah (43%) cukup baik, kebiasaan belajar siswa di rumah (61%) termasuk dalam kategori sedang. komunikasi interpersonal siswa (93,7%) . Tidak adanya hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal keluarga dengan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V SDIP Daarul Jannah Cibinong Kabupaten Bogor , berdasarkan perhitungan korelasi Thitung = 0,055 yang berada pada kisaran angka 0,00-0,20 yang  tidak termasuk korelasi rendah atau lemah. Sedangkan nilai rtabel N=48 sebesar 0,27 dengan taraf signifikansi 5% menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,0=702. Artinya (0,055 < T tabel = 0,702) dan (0,020 < 0,05).
ANALISIS KARAKTER CINTA TANAH AIR PADA BUKU SISWA KELAS 5 TEMA 7 (PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN) Gisha Restu Rillah; Dyah Lyesmaya; Arsyi Rizqia Amalia
Attadib: Journal of Elementary Education Vol 6, No 1 (2022): Attadib: Journal of Elementary Education
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32507/attadib.v6i1.1348

Abstract

Buku siswa merupakan salah satu faktor pendukung dalam proses pembelajaran, buku dapat menumbuhkan karakter dalam diri siswa salah satunya menumbuhkan nilai karakter cinta tanah air. karakter menurut kemendikbud ada 18 nilai-nilai karakter yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Sebagai telah disebutkan di atas bahwa nilai karakter mempunyai 18, namun salah satunya yaitu nilai karakter cinta tanah air. Nilai karakter cinta tanah air ini sangat perlu ditanamkan pada siswa karena sebagai bentuk rasa cinta seorang terhadap negara terutama di Indonesia temuan hasil penelitian yaitu terdapat 49 karakter cinta tanah air yang terdiri dari 4  kalimat indikator kesatu yaitu mengagumi keunggulan geografis dan kesuburan tanah wilayah Indonesia, 27 kalimat indikator kedua yaitu menyenani keragaman budaya dan seni di Indonesia, 10 kalimat indikator ketiga yaitu menyenangi keragaman suku bangsa dan bahasa daerah yang dimiliki Indonesia, 5 kalimat indikator keempat yaitu mengagumi keragaman hasil-hasil pertanian, perikanan, flora, dan fauna Indonesia,  2 kalimat indikator kelima yaitu mengagumi kekayaan hutan Indonesia, 1 kalimat pada indikator keenam yaitu mengagumi laut serta perannya dalam kehidupan bangsa Indonesia.
Analisis Nilai-nilai Moral dalam Dongeng pada Buku Siswa Kelas III Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Resti Sri Rahayu; Iis Nurasiah; Arsyi Rizqia Amalia
Attadib: Journal of Elementary Education Vol 6, No 1 (2022): Attadib: Journal of Elementary Education
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32507/attadib.v6i1.1012

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai moral yang terdapat dalam dongeng pada buku siswa kelas 3 tema 2 menyayangi tumbuhan dan hewan sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian nilai-nilai moral pada teks cerita dongeng dianalisis berdasarkan indikator sebagai berikut: 1) Nilai moral hubungan manusia dengan tuhan ditemukan sebanyak 2 nilai; 2) Nilai moral hubungan manusia dengan diri sendiri ditemukan sebanyak 17 nilai; 3) Nilai moral hubungan manusia dengan manusia ditemukan sebanyak 26 nilai; 4) Nilai moral hubungan manusia dengan alam terdapat 8 nilai yang ditemukan dalam teks cerita dongeng. Adapun manfaat penelitian ini secara teoritis yaitu sebagai referensi untuk mengembangkan dan meningkatkan nilai-nilai moral berdasarkan teks cerita pada buku siswa. Selain itu adanya anilisis mengenai nilai-nilai mor al ini dapat menjadi perhatian lebih bagi guru, dan media untuk memberikan contoh serta penerapannya bagi siswa dalam tahapan pembelajaran.
Implementasi E-LKPD Berbasis ESD pada Kompetensi Berpikir Kritis di SD Syifa Fauziyah; Ghullam Hamdu
Attadib: Journal of Elementary Education Vol 6, No 1 (2022): Attadib: Journal of Elementary Education
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32507/attadib.v6i1.977

Abstract

Menjelaskan bagaimana implementasi E-LKPD berbasis ESD pada kompetensi berpikir kritis di sekolah dasar
IMPLEMENTASI ASESMEN LITERASI MATEMATIS BANGUN DATAR SEGIEMPAT DI SEKOLAH DASAR Ginanti Ayuwara; Epon Nur’aeni; Dindin Abdul Muiz Lidinillah; Muhammad Rijal Wahid Muharram
Attadib: Journal of Elementary Education Vol 6, No 1 (2022): Attadib: Journal of Elementary Education
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32507/attadib.v6i1.970

Abstract

Artikel ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.  Penelitian deskriptif kualitatif yaitu sebuah prosedur penelitian berdasarkan data deskriftif yang berupa lisan atau kata tertulis dari subjek penelitian atau informan yang telah diamati dan memiliki karaktristik bahwa data yang diberikan merupakan data asli menurut situasi dan kondisi yang tidak dapat di manipulasi serta menggunakan cara sistematis dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diberikan oleh pemberi informasi. Bertujuan untuk mencari masalah evaluasi pembelajaran perihal asesmen soal yang dikembangkan di Sekolah Dasar SDN 1 Kalangsari. Impelementasi asesmen literasi matematis pada materi bangun datar segiempat yang dikembangkan guru. Asesmen berbasis AKM merupakan terombosan dari pemerintah untuk mewujudkan peserta didik yang sesuai dengan keterampilan abad 21 melalui hasil belajar melalui soal berbasis AKM. Dengan menggunakan metode kualitatif-deskriptif, penelitian mengahsilkan kesimpulan; pendidik belum menerapkan soal yang berbasis AKM literasi matematis kepada peserta didik karena beberpa faktor masalah yang terjadi.
ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM KARTUN ANIMASI NUSA DAN RARA SEASON 3 Ruby Moka Yoga Dirgantara; Karlimah Karlimah; Ahmad Mulyadiprana
Attadib: Journal of Elementary Education Vol 6, No 1 (2022): Attadib: Journal of Elementary Education
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32507/attadib.v6i1.976

Abstract

Untuk melakukan penelitian kualitatif analisis nilai - nilai pendidikan karakter pada film animasi, peneliti perlu menunjukkan instrumen mengenai nilai – nilai pendidikan karakter yang digunakan untuk menganalisisnilai - nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film animasi.Penulis memanfaatkan berbagai literature untuk dijadikan sumber referensi.Metode studi pustaka dijadikan alat untuk menentukan instrumen mengenai nilai nilai pendidikan karakter.Instrumen yang dihasilkan merupan pedoman peneliti dalam memperoleh data untuk dianalisis.Instrumen yang dimaksudberisi delapan belas aspek nilai pendidikan karakter menurut kementrian pendidikan nasional.Pada instrumen yang dibuat oleh peneliti terdapat beberapa indikator yang harus di perhatikan pada kegiatan menganalisis sebuah film kartun animasi agar peneliti mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam sebuah film kartun animasi.

Page 1 of 2 | Total Record : 15